UJIAN AKHIR PEMASARAN SEMESTER 5

 Tahun 2006 Pt Sofyan Hotels mengubah management konvensional menjadi management Syariah. Jelaskan apa yang membuat Hotel Sofyan Betawi memutuskan untuk menjadi Hotel Syariah? Apa saja yang di rubah agar dapat menjadi hotel Syariah?

 

Berdasarkan pada kajian bahwa sofyan hotel merupah konsepnya dari hotel konvensional seperti pada umumnya menjadi hotel Syariah di mulai pada tahun 1996 lalu pada tahun 2006 dilanjutkan perubahan pula pada manajemennya dari manajemen konvensional menjadi manajemen Syariah. Hal ini dilakukan oleh sofyan hotel karena potensi pada bisnis Syariah yang besar dikarenakan pertumbuhan yang signifkan. Dan berdasarkan reset yang di lakukan oleh Cresceting & DinarStandard, 2012 di hasilkan bahwa gaya belanja kaun muslim di 47 negara mencapai angka US$ 126 Miliar pada tahun 2011 dan itu masih di luar dari ibadah haji dan umroh. Selain itu pertumbuhan blanja dari turis muslim merupakan yang tercepat di bandung negara lain sehingga hal ini memberikan gambaran bahwa masa depan pariwisata dan bisnis Syariah dapat berjalan baik pula di Indonesia.

Bebrapa hal yang dapat dilakuakan untuk dapat menjadi hotel Syariah ialah memberikan pelayanan dan fasilitas dari awal tamu memasuki area hotel hingga tamu akan check out sesuai dengan ketentuan Syariah. Tidak semata mata saklek dengan syarit islam namun seperti membuat fasilitas ibadah serta nilai alam dan budaya, memiliki aturan dalam pemisahan laki laki dan perempuan, pelarangan untuk lawan jenis yang bukan suami istri, pengurusan keuangan sesuai kaidah Syariah, tidak adanya uang tips namun lebih menetapkan dalam hati bekerja untuk ibadah, staff hotel yang menggunakan uniform sesuai dengen norma ketimuran, penyediaan makan minuman yang halal, dan karyawan yang sopan serta bertutur kata baik.

 

Pelajari tentang 7P’s bauran pemasaran jasa. Bandingkan 7P’s tersebut di Hotel Sofyan Betawi sebelum dan sesudah me-rebranding menjadi hotel syariah. Berikan penjelasannya.

ü  Product (produk)

Merupakan produk yang memberikan manfaat kepada customer,memenuhi kebutuhan serta memuaskan customer. Yang sebelumnya produk darihotel yang di jual oleh sofyan hotel masih sama seperti hotel pada umumnya dalam menyediakan diskotik minuman yang mengandung alcohol. Setelah melakukan branding dengan hotel Syariah tentunya produk yang di tawarkan kepada tamu tidaklah sama seperti sebelumnya. Tidak adanya diskotik serta makanan yang di jual akan menjadi makanan yang halal.

ü  Price (harga)

Harga yang di berikan kepada tamu. Sebelum dilakukan rebranding tentunya akan ada tips yang di berikan oleh tamu namun pada sofyan hotel sendiri setelah berubah menjadi Syariah hotel karyawan diberikan pembinaan secara terus menerus mengenai visi dan misi Syariah sehingga tertanam niat dalam hati bahwa berkerja untuk ibadah maka staff kecilkemungkinan mendapatkan uang tips.

ü  Promotion (promosi)

Merupakan kebiajakan dalam promosi yang berdasar pada sasaran pemasaran sehingga sebelum nya sebelum sofyan hotel menerapkan Syariah maka target pemasaran nya masih luas, samar dan banyak persaingan. Namun setelah sofyan hotel menerapkan Syariah target pasar menjadi semakin jelas dan terarah dalam mengatur promosi strategi pemasarannya.

ü  Place (lokasi)

Merupakan jangkauan lokasi dari hotel. Sebelum dan sesudah rebranding lokasi dari sofyan hotel hanya berada di menteng Jakarta yang sangat strategis di pusat kota Jakarta, dan setelah melakukan rebranding saat ini sofyan hotel telah memiliki kurang lebih 20 hotel pada 2017 yang berada di berbagai daerah untuk memperluas jangkauan pasar Syariah.

ü  People (SDM)

Merupakan sumber daya manusia sebagai salah satu asset utama industry jasa. Pada sofyan hotel sebelum menerapkan re branding karyawan diberikan penyuluhan hanya untuk meningkatkan pelayanan dari karyawan. Namun setelah sofyan hotel melakukan rebranding pemberian penyulan dan pelatihan kepada karyawan tidak hanya sekadar meningkatkan pelayanan yang prima namun juga pemberian pengetahuan dan penerapan konsep Syariah yang mengacu dalam peningkatan kualitas kepuasan tamu. Selain itu menunjolkan pembinaan teru menerus mengenai visi misi Syariah yang mengutamkan efisiensi dan produktivitas dalam seluruh usaha dan menanamkan niat dalam diri bekerja untu ibadah.

ü  Process (proses)

Proses disini tentunya proses yang  dilakukan dalam berbisnis. Perbedaan sebelum dan sesudah dari proses bisnis tentunya saat sofyan hotel telah melakukan rebranding prosesnya akan menggunakan manajemen Syariah yang sebelumnya menggunakan manajemen konvensianal. Dengen proses Syariah ini akan memberikan keadilan kepada berbagai pihak karena salah satu prinsip syariahadalah adil.

ü  Physical Evidence (bukti fisik)

Dalam hal ini merukapan bukti dalambentuk fisik yang dapat di rasakan oleh indram manusia baik dari penglihatan, perabaan serta penciuman. Perbedaan sebelum dan sesudah dari sofyan hotel setelah menerapkan Syariah ialah interior dari hotel yang di sesuaikan dengen keindahan Syariah ( bukan berarti isam ) seperti di tiadakan nya patung, lukisan makhluk hidup. Sehingga dapat di berikan ornament atau gambar benda mati. Menyediakan ruang ibadah yang nyaman.

  
Pasar adalah individu/organisasi yang mempunyai need, want dan harapan serta mempunyai spending power. Perubahan pasar seperti apa yang harus dilalui oleh Hotel Sofyan Betawi dari pasar konvensional menjadi pasar syariah? Jelaskan detail karakteristik masing-masing pasar

Perubahan pasar yang dilalui sofyan hotel dikarenakan perubahan dari konsep hotel berupa konsep konventional menjadi konsep Syariah tentunya sangat beragam. Mulai dari terget pasar yang berubah dari target pasar yang umum semua orang dapat menginap di hotel namun setelah melakukan perubahan hal tersebut tidak dapat dilakukan seperti biasanya, adanya  beberapa kriteria tambahan dari hotel setelah menerapkan konsep Syariah yang perlu di ikuti oleh tamu. Namun dengan berubahnya target pasar ini menjadikan sofyan hotel memiliki target pasar yang jelas dan memiliki potensi yang besar kedepannya.

Perubahan karakteristik dari pasar konventional berupa keinginan dari tamu yang awalnya hanya untuk menikmati alam dan budaya sedangkan pasar Syariah selain mengangkat dari alam, budaya juga menerapkan pelayanna tempat ibadah di dalamnya sehingga menjadi lebih lengkap. Selain itu tujuan awal dari pasar konventional yang hanya menghibur dalam pasar Syariah ialah meningkatan kualitas spirit dengan cara menghibur. Karakteristik lain ialah target dari pasar konventional yang semata hanya untuk hiburan sedangkan target pada pasar Syariah memenuhi keinginan, kesenangan, serta menumbuhkan kesadaran akan suatu keyakinan.

Perubahan menjadi syariah ini adalah keputusan di level korporat yang kemudian harus diimplementasikan oleh level SBU dan functional/departmental.

Ø  Jelaskan perbedaan tentang ketiga level dalam perusahaan tersebut.

1)      Level korporat

Level korporat ini memiliki tugas utama berupa penentuan visi dan misi perusahaan, serta penentuan objektif atau tujuan dari perusahaan. Sehingga level ini merupakan level yang bertugas menentukan kemana langkah yang di pilih perusahaan.

2)      Level SBU

Level SBU memiliki tugas untuk membuat strategi untuk mencapai goal dari masing masing unit bisnis perusahaannya. Misalnya pada hotel unit bisnisnya berusa Sales Department, Food and Beverage dan divisi divisi yang lain. Namun level ini di pegang oleh director dari masing masing unit bisnis.

3)      Level Functional/Departmental

Level Functional merupakan level dari staff pada unit bisnis misalnya accounting staff, human resource staff, purchasing staff dan yang lainya. Pada level ini bertugas merumuskan strategi yang lebih detail dan spesifik dalam mendukung unit bisnis masing masing.

 

Ø  Mengacu kepada studi kasus, setelah korporat memutuskan untuk berubah menjadi hotel syariah, langkah-langkah apa yang bisa dilakukan oleh level SBU dan functional untuk bisa mendukung kebijakan tersebut.

Langkah langkah yang dapat dilakukan oleh level SBU dan functional berdasarkan pada studi kasus hotel sofyan setelah level korporat memutuskan untuk merubah hotelnya menjadi hotel Syariah ialah melakukan penyuluhan yang disusun oleh level SBU untuk level Functional mengenai prinsip prinsip dari Syariah sehingga seluruh jajaran hotel dapat beradaptasi dengen cepat dengan perubahan dari konventional menjadi Syariah. Selau menerapkan nilai Syariah dalam berbagai aspek pekerjaan. Mengajarkan untuk menanankan niat bekerja untuk ibadah. Melakukan promosi dengen konsep Syariah dan memberikan wawasan kepada masyarakat bahwa konsep Syariah tidak hanya untuk masyarakat muslim namun dapat di nikmati oleh berbagai kalangan tanma memandang suku, ras dan agama.

 

 

Comments

Popular posts from this blog

MARS SMK NEGERI 1 CILACAP

Mars Bangga Mbangun Desa lirik

Mars SMP NEGERI 7 CILACAP