How to Succes in Hotel Marketiing

Annyeong Readers !!!!! 
Sobat gengs balik nulis lagi nih berbagi ilmu mengenai marketting. Strategi perlu untuk kita agar sukses dalam berkarier di bisang sales nah ku bagi nuh summary dari guest lecture kampus ku semalam. Pengisinya alumni prodi aku juga nih gengs "Proud ADH" HAHAHAHA
Beliau bernama Thimoty Yuda alumni ADH lulus tahun 2012 yang sekarang menjabat sebagai Senior Sales Manager di Novotel Gajah Mada Jakarta. 


Beliau awal memulai karier ialah sebagai reservation agent di Ibis Bandung Trans Studio lalu mulai lanjut di grup tauzia mulai berfokus pada merketing sebagai sales support. dari titik ini beliau melanjutkan fokusnya di bidang sales dengan melanjutkan pekerjaan pada group accor di Ibis Pasteur sebagai Sales Executive lalu naik jabatan sebagai Senior Sales Executive dan di promosikan sebagai Sales Manager di Novotel Batam yang berkantor di Jakarta hingga sekarang bekerja Sebagai Senior Sales Manager di Novotel Jakarta Gajah Mada. 


Struktur organisasi dalam sales marketing berdasar pada hotel beliau di pimpin oleh DOSM atau biasa di sebut dengan Director of Sales and Marketing lalu di bawahnya terdapat Senior Sales Manager atau juga dapat disebut Assistant Director Of Sales yang setara dengan Revenue Manager dan Marketing Manager. Berfokus pada bidang sales sendiri, setelah SSR ( Senior Sales Manager ) ialah Sales Executive dan di bawahnya terdapat Sales Coordinator. Masing-masing dari jabatan tersebut tentunya memiliki responsible yang berbeda beda. Seperti Sales Coordinator bertanggung jawab terhadap Showing room, venue dll kepada client di hotel dan tidak memiliki responsible untuk keliling mencari client. nah sedangkan untuk yang keliling menemui client ialah responsible dari Sales Executive, baik tele marketing dan bertemu langsung dengan client / calon customer yang sudah dibagi bagi berdasarkan pada merketnya seperti coorporate, goverment dan Travel. 

Tau gak si gengs? kalo ternya masing masing dari market tersebut memiliki karakteristik yang berbeda berda. misalnya nih ya gengs market dari dari coorporate akan lebih irit terhadap budget mereka dan sangat berbanding terbalik dengan market dari goverment yang akan memaksimalkan butget mereka. selain itu Sales Executive juga harus menyesuaikan dengan pola perilaku dari si market misalnya ialah market dari Travel Agent perilaku mereka cenderung santai, easy going sehingga sebagai Sales Executive harus menyesuaikan dengan perilaku dari market agar cocok, nyambung dan nyaman dan nantinya dapat terjalin kerjasama yang baik. Sedangkan market dari Coorporate pola perilaku mereka akan cenderung lebih formal dan tertata. Dari hal ini dapat di beri kesimpulan bahwa sales harus mudah beradaptasi dengan orang baru.



Pak Thimoty juga berpendapat bahwa GM yang berasal dari Sales akan lebih kuat dalam mengerti akan objectivenya karena di dalam sales pasti akan mengedepankan dan memaksimalkan penjualan agai sesuai dengan target. Tau gak gengs bahwa untuk mencapai target haruslah tepat tidak boleh kurang ataupun kelebihan. tips dari beliau apa bila misanya bulan maret tidak mencapai target maka itu di jadikan sebagai Hutang!! lalu sales harus dapat menutupi hutang itu dengan mencapai target pada bulan berikutnya dan menutupi jumlah hutang pada bulan sebelumnya.

hal menarik lain nya yang patut sobat banggakan apabila sobat merupakan lulusan dari bidang hospitality maka itu akan menjadi poit plus dalam recruitment di bandingkan pada lulusan dari non bidang hospitality dikarenakan bahwa marketing dan sales pada hotel sangatlah berbeda dengan market dan sales pada perusahaan umum lain nya. pada hotel sales lebih mengedepankan pada maintaining relationship sales yang berbeda pada konsepdari sales perusaaan lain. karena hotel akan mengedepankan sales yang dapat membuat customer akan menginap atau membuat event kembali untuk selanjutnya pada hotel tersebut. 
"Sales pada hotel menjual Maintaining Realtionship, konsep sales ini yang menjadi pembeda antara sales hotel dan sales perusahaan pada umumnya"

ada beberapa pertanyaan yang menarik juga untuk ku, yang menyinggung mengenai bagaimana bisa survive di bidang sales lalu tanggapan mengenai target yang diberikan oleh atasan. jawaban dari beliau agar kita dapat survive dari apapun pekerjaan ialah dengan memotivasi diri sendiri "Power Of Mind" lalu jangan jadikan target menjadi momok yang menakutkan namun jadikan terget itu sebagai challange dan motivasi terhadap diri kita agar dapat mencapainya, karena atasan pasti akan memberikan target yang sesuai dengan kemampuan kita.

Itulah beberapa point penting yang menurut saya dapat menjadikiat kiat dalam sukses meniti karier pada bidang sales di hotel. pesan dari beliau untuk para pejuang sales 

"Tetap semangat yang harus di taklukan itu bukanlah target atau orang lain ngomong apa yang penting itu kuasai diri kita sendiri dahulu lalu dapat melangkah lebih enak dan lebih nyaman untuk menentukan sikap kita apalagi untuk sales kita itu bener benr harus taugh, kegagalan itu kesuksesan yang tertunda itu benar karna terkadang kegagalanpasti ada, jangan pantang menyerah dalam menanggapi itu tetap semangat"

 Menjadi ilmu baru mendengan pengalaman beliau dari awal kariernya di reservasi hingga akhirnya sekarang dapat menjadi Senior Sales Manager dan pendapat dan strategi beliau mengenai kondisi seperti sekarang. That's all for today sobat gengs menarik sekali memang bisang sales ini untuk karier kita 

Hope u enjoy my writing stories here, and See you ~

Comments

Popular posts from this blog

MARS SMK NEGERI 1 CILACAP

Mars Bangga Mbangun Desa lirik

Mars SMP NEGERI 7 CILACAP