Focus !!
Anyeong Readers!!
Akhirnya diriku
kembali untuk berketik ria sesuka har, untuk berbagi informasi, dan pengalaman
sehari hari. Yampun banyak omong sekali. Udah kira kira 2 tahun kaga nulis blog.
Akhirnya setelah aku menyelesaikan masa internship, ku bias kembali ke kampus
untuk mengikuti pebelajaran. Sebenernya lebih tepatnya tidak bealajra secara
langsung dikampus sih. Masih msa pandemic covid ini pembelajaran dilaksanakan
secara online. Dan di kesempatan menulis kali ini sobat gengs, ku akan me review
dan memberikan apasih pelajaran yang dapat di ambil dari film ini. Tentunya dibidang
marketing so tidak pakai lama ,,,,,,,,,,,,,,,
Jadi untuk judul
dari filmnya ialah FOCUS yang di rilis pada tahun 2015, Film dari duo penulis
sutradara Glenn Ficarra dan John Requa. Film yang dibintangi oleh will smith
dan Robbie ini mengangkat cerita dengan
latar belakang sebagai penipu professional, inget gengs bukan penipu ecek ecek
hahahhhaha, oiya gengs ini hanya film ya Perlu diingat oleh sobat gengs untuk
hal yang buruk jangan ditiru ya gengs. Dari film ini dapat di ambil pelajaran
bagi kita sebagai orang umum untuk waspada agar terhindar dari kejahatan
pencopetan ,,,,,,,karena di film in di ceritaka bahwa trik yang di
gunakan terlihat sederhana, namun sangat terstruktur dan ter rencana.
Dimulai dengan
cerita jess yang diperankan oleh Robbie yang berperan sebagai penipu amatir
yang mencoba menipu Nicky yang di merankan oleh smith. Dari kejadian ini
menjadi awal nicky dan jess saling mengenal. Jess yang manih amatir ingin di
ajari lebih dalam mengenai cara menipu yang lebih professional. Dan di
ajaraknlah jess oleh nicky yaitu dengan cara FOCUS yang dapat di simpulakan
menarik perhatian pada komunikan sehinga jess sebagai komunikan tidak menyadari
barang yang berada dari sisi yang sedang tidak di lihatnya sudah di ambil.
Dari scene
ini dapat diambil sebagai salah satu strategi marketing ialah dengan mendapatkan berhatian besar dari customer,
sehingga customer mengikuti arahan kita sebagai seller dan tertarik untuk
membeli barang yang kita jual.
Scene lain yang
menunjukan strategi yang dilakukan oleh Nicky ialah, ketika dia melakukan perjudian
di stadion. Yang bercerita diawali dengan tebak tebakan ringan yang dilakukan
oleh Nicky dan Jess yang ternyata ini dilakukan untuk memancing perhatian dari
Liyuan Ze yang merupakan Legendaris Perjudian. Liyuan ini memang sudah menjadi
target dari Nicky. Dan akhirnya Liyuan mengajak nicky untuk berjudi dengan
bermain taruhan.
Dari scene
ini dapat diambil salah satu strategi marketing bahwa kita sebagai pengusaha
harus sudah mengetahui target pasar dan menganalisis perilaku dari target
pasarnya untuk memaksimalkan penjualan produk.
Dari yang saya
lihat dalam film ini apa yang dilakukan oleh nicky merupakan kesengajaan, ketika
dia membuat Liyuan selalu menang dan membuat Liyuan semakin optimis bahwa dia
pasti akan memenangkan berjudian ini. Hingga pada akhir dari pertaruhan nicky
yang saat itu sudah kalah, namun tak disangka bahwa nicky telah mempersiapkan
semua rencana untuk menjebak Liyuan dan pada hasil Nicky memenangkan perjudian
tersebut.
Dari scene
ini titik utama yang dapat di ambil dalam strategi marketing ialah, dengan
membuat customer senang, merasa diperhatikan, apa yang dia inginkan sesuai dari
ekspektasi. Yang memberikan timbal balik untuk pelaku usaha berupa customer
yang percaya dan akan kembali ke prodak yang kita jual.
Yang dilakukan
oleh nicky adalah dengan memprogram alam bawah sadar dari Liyuan dengan memunculkan
nomor 55 dimana mana tampa di sadari oleh Liyuan. Mulai dari lift hotel, baju
nomor 55, pin door man, meletakan nomor 55 dari hotel hingga stadion, di
kerumunan prang,pada mobil yang lewat, taksi, pada banner dukungan, dan juga
menggunkaan lagu yang memilki banyak kat a”wuu” yang dalam Bahasa mandarin
artinya 5.
Strategi
marketing lain dari film focus juga terdapat pada scene ini, yang menerapkan
top of mind dengan membuat Brain Awarness pada konsumen. Hal ini untuk membuat
customer selalu teringat dan tahu akan produk kita. Sehingga apabila Top Of Mind
ini di terapkan oleh pelaku usaha maka feedback yang di terima ialah timbulnya Brain
Awareness pada pembeli sehingga selalu teringatnya di benak konsumen mengenal
prodak yang kita jual
Jadi sobat gengs
itulah beberapa strategi marketing yang aku temukan di Film FOCUS ini geng~
Thank you Gengs
sudah mampir di Blog aku See yaa di postingan berikutnya ~~~
Comments